Minggu, 20 Juni 2010

handover

JAWABAN PERTANYAAN PRESENTASI “HANDOVER”
Soal
1. Kenapa handover CDMA tahan terhadap interverensi (gangguan) ?
2. Jaringan sistem CDMA memiliki salah satu kelebihan yaitu kapasitas yang besar,besarnya kapasitasnya   bias sampai berapa?
3. Apa yang menjadi perbedaan besar dari handover GSM dan CDMA?
4. Apa kekurangan dari handover GSM?
5. Jelaskan tentang Intracell handover?
6. Kenapa kalau ada soft handover mengapa ada hard handover?

Jawab

1. Sebenranya yang tahan terhadap gangguan bukan Handover CDMA melainkan jaringan CDMA nya. Dalam sistem CDMA tiap user menggunakan kode unik yang berbeda satu sama lain, dan kross korelasi antar kode sangat kecil. Setiap data yang akan dipancarkan terlebih dahulu akan ditebar (spreading) dengan mengunakan kode spreading, sehingga memungkinkan adanya multiple access.

2. Dalam sistem CDMA tiap user menggunakan kode unik yang berbeda satu sama lain, sehingga memungkinkan user yang lebih banyak, dan interferensi yang lebih sedikit. Kapasitas dari CDMA dibandingkan dengan GSM kapasitasnya bias sampai 10 kali besarnya.

3. Yang berbeda adalah istilahnya yang,kalau perpindahan penanganan antar BTS yang berbeda pada CDMA dinamakan soft handoff,sedangkan kalau pada GSM dinamakan intercell handoff.perbedaannya yang lain adalah system yang digunakan berbeda antara GSM dan CDMA.

4. Kekurangannya adalah

a. Radius cakupan 2 kali lebih sempit di banding CDMA
b. Membutuhkan lebih banyak BTS
c. Pada penggunaan spectrum yang sama kapasitas GSM lebih kecil 4-5 kali dari CDMA
d. Kualitas suara lebih banyak noise di banding dengan CDMA

5. Intracell handover adalah pemindahan hubungan ke kanal yang berbeda pada satu BTS yang sama. Jadi pemindahan hubungannya antar kanal yang berbeda tapi masih dalam satu area cover BTS.

6. Karena soft handover dan hard handover beda situasi sehingga beda penanganan. Pada soft handover yaitu ketika MS berpindah dari BTS satu ke BTS yang lain dengan frekwensi kanal CDMA yang sama. Namun jika pada hard handover yaitu MS berpindah dari satu BTS ke BTS yang lain, namun pada MSC yang berbeda. Sehingga MS akan mengalami putus hubungan terlebih dahulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini